Bercocok tanam padi di pot

Langkah-langkah Menanam Padi di Pot

Menanam padi dalam pot merupakan salah satu alternatif bertani dalam kota dengan lahan yang sempit. Langkah –langkah ini telah dicoba oleh Inkan Harahap sejak 4 bulan yang lalu. Berkat keseriusan dan kesabaranya kini padi yang ditanam Inkan sudah mulai manampakkan hasilnya dan sebentar lagi padinya akan dipanen.

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan :
1. Benih Padi
Benih padi bisa diperoleh langsung dari petani dan yang perlu mendapat perhatian benih padi belum tentu semuanya bisa menghasilkan, sehingga harus benar0benar dipilih. Untuk mengujinya rendam benih padi yang sudah dipilih dkedalam rendaman air hangat atau yang sudah dicampur garam jika benihnya mengendap artinya benih itu bagus dan sebaliknya jika benih mengambang di permukaan air sebaiknya dibuang saja.

2. Merendam Benih Padi
Rendam benih padi yang sudah dipilih di dalam air biasa bersuhu suam-suam kuku selama 2 malam. Cara ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan akar. Benih padi yang semula kering akan terbelah setelah direndam dalam air.

3. Media Tanam
Siapkan media tanam berupa tanah dan kompos dari daun-daun yang dibusukkan. Masukkan ke dalam pot berdiameter 30 com. Taburkan setengan gemgam benih keatas media tanam. Jangan lupa tutup kembali benih padi dengan tanah jangan biarkan terlihat. Menurut Inkan setengah genggam padi bisa menghasilkan sekitar 200 butir padi. Sirami benih di padi dan sore hari. Dua hari kemudian akan muncul kecambah berwarna putih atau hijau.

4. Pindahkan ke Polybag
Setelah 12 hari padi akan tumbuh setingi sekitar 7 cm. kondisi padi seperti ini sudah siap untuk dipindahkan ke dalam polybag pertimbangkan ukuran polybag jika terklalu kecil padi dikwatirkan akan kekurangan makanan. Lubangi polybag dibagian samping dan bawahnya.

5. Tumbuh Anakan
10 hari kemudian akan tumbuh 7 anakan baru setinggi 20 cm. selama pertumbuhan padi ini, Inkan tidak memberi pupuk sama sekali. Semakin membesar padi akan semakin merumpun dalam jangka waktu 1,5 bulan. Disarankan padi jangan diletakkan dilokasi yang panas melainkan harus dipilih tempat yang lembab.

6. Kondisi Bunting
2,5 bulan kemudian akan keluar pelepah atau padi menjadi gemuk kondisi ini biasanya disebut bunting dan keluar bunga putih. Calon padi ini masih berwarna hijau muda seperti bulir padi yang masih kempes.

7. Bunga Rontok Hingga usia 3 bulan bunga putih akan rontok. Bulir padi merunduk lalu berubah menjadi kuning. Saat inilah biasanya padi mulai didatangi burung. Perhatikan waktu burung-burung makan yaitu pagi dan sore hari. Cara mengusir burung sebagai berikut

a. Pasang kantong kresek plastic di antara padi tapi hanya bisa bertahan sehari.
b. Rentangkan pita kaset di antara tanamn. Jika terkena angina akan terdengar bunyi gesekan pita kaset. Kalau tidak ada angina pita kaset tidak bunyi.
c. Pasang orang-orangan sawah.
d. Pasang kaleng-kaleng yang bisa digerakkan dengan tali jika burung datang.

8. Panen
Tungu sampai padi menguning baru dipanen cara memanennya lepaskan satu persatu dari batang padi lalu jemur di bawah terik matahari. Cara mendapatkan beras sebagai berikut:
a.Bisa menumbuk sendiri padi dengan lesung
b.Padi dijemur sendiri lalu dibawa ke pengilingan padi.

Sumber Tabloid Nova No.1051/XXI 14-20 April 2008 – Griya

(http://abdul-zaini.blogspot.com/2008/04/langkah-langkah-menanam-padi-di-pot.html)
About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.